Minggu, 06 April 2014

Penjelasan dan Perbedaan Karya Ilmiah, Ilmiah Populer, Non Populer

Karya Ilmiah

Karya Ilmiah atau tulisan ilmiah adalah karya seorang ilmuwan (yang berupa hasil pengembangan) yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang diperoleh melalui kepustakaan, kumpulan pengalaman, dan pengetahuan orang lain sebelumnya.


Karya ilmiah: pernyataan sikap ilmiah peneliti.

Tujuan karya ilmiah: agar gagasan penulis karya ilmiah itu dapat dipelajari, lalu didukung atau ditolak oleh pembaca.

Jenis-jenis karya ilmiah:
1. Makalah
2. Kertas kerja
3. Skripsi
4. Tesis
5. Disertasi


Karya Ilmiah Populer

Karya ilmiah populer merupakan suatu karya yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang populer sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik untuk dibaca.

Dalam KBBI (2002:370-371) disebutkan bahwa kata ilmiah diartikan sebagai bersifat ilmu atau memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan, sedangkan ilmiah populer diartikan sebagai mengunakan bahasa umum sehingga mudah dipahami oleh masyarakat awam.
Sedangkan istilah populer sendiri artinya dalam Kamus Bahasa Indonesia disebutkan bahwa populer berarti dikenal dan disukai orang banyak (umum). Bisa juga berarti sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya, atau mudah dipahami orang banyak. Istilah popular merujuk kepada penggunaan bahasa yang relatif lebih santai, padat, serta mudah dicerna oleh masyarakat pembacanya yang begitu beragam.
Karya tulis ilmiah populer merupakan karya ilmiah yang bentuk, isi, dan bahasanya menggunakan kaidah-kaidah keilmuan, serta disajikan dalam bahasa yang santai dan mudah dipahami oleh masyarakat awam.


Karya Non Ilimiah

Karya non-ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, bersifat subyektif, tidak didukung fakta umum, dan biasanya menggunakan gaya bahasa yang popular atau biasa digunakan (tidak terlalu formal).

Jenis-jenis karya non ilmiah :
- dongeng
- cerpen
- novel
- drama
- roman


Perbedaan karya ilmiah, karya ilmiah populer, dan karya non ilmiah:
Perbedaan antara karya ilmiah, karya ilmiah populer, dan karya non ilmiah terletak pada bahasa penyampaian yang digunakan. Karya tulis ilmiah ditampilkan dalam bahasa baku dan sangat terikat dengan kaidah bahasa Indonesia resmi. Sementara karya ilmiah populer dan non ilmiah ditampilkan dengan bahasa yang lebih luwes, serta dapat dipahami masyarakat umum, namun pada karya non ilmiah tidak didukung dengan fakta umum.



Sumber:
- http://www.fali.unsri.ac.id/index.php/menu/42
- http://othersidemiku.wordpress.com/2012/08/12/karya-tulis-ilmiah-populer/
- http://sitifadhilah68.blogspot.com/2013/04/karangan-non-ilmiah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar